Pengertian NAT, Bridged Adapter, Internal Network, dan Host-Only Adaptor

8 komentar


                Apa Kalian Pernah Membuka Virtual Box? Dan sebenarnya apa sih Virtual Box itu? Virtualbox adalah software virtualisasi untuk menginstall sebuah OS “Operating System”, kita tahu bahwa arti dari kata virtuallilsasi merujuk pada kamus Oxford adalah “Convert (something) to a computer-generated simulation of reality” yang artinya  Mengubah/mengkonversi (sesuatu) ke bentuk simulasi dari bentuk yang nyata atau real. Nah jadi buat para agan agan yang mau coba-coba buat latihan mengingstall OS, tidak usah repot-repot harus menginstall ulang PC/Laptop agan (ribetlah) hehe, kita cuma perlu software Virtualbox ini untuk coba-coba atau belajar menginstall sebuah Operating System. 

Apa kalian pernah melihat istilah NAT, Bridged Adapter, atau Semacamnya pada Virtual Box? Di postingan saya kali ini akan sedikit menjelaskan apa itu NAT, Bridged Adapter, Internal Network, Dan Host-Only Adapter. Semua itu memiliki arti dan fungsinya masing masing. Apa itu? Langsung Saja..

NAT (Network Address Translation)
                NAT atau (Network Address Translation ) adalah sebuah tipe virtual network default di virtualbox, maksudnya adalah mode NAT akan  secara otomatis menjadi tipe jaringan dari sebuah Virtual Machine yang baru. Fungsi NAT yaitu, dapat terhubung langsung ke OS host, dan memungkinkan bila OS host memiliki koneksi internet maka OS guest secara langsung akan mendapat koneksi internet tanpa harus melakukan settingan terlebih dahulu. Dan NAT juga bisa menghubungi atau ping ke OS host tetapi tidak sebaliknya.

Bridged Adapter
                Dalam mode Bridged Adapter ini memungkinkan OS guest untuk merima data maupun mengirimkan data ke jaringan fisik. Jadi artinya OS guest dan OS host adalah dua computer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama. Bila OS host memiliki lebih dari satu Ethernet maka kita harus memilih/menyetting ke jaringan mana virtual machine/OS guest akan disambungkan. Dan IP yang diberikan ke Vitual machine harus dari subnet yang sama dengan jaringan yang di pakai oleh OS host.

Internal Network
                Internal Network atau dalam bahasa Indonesia (Jaringan Internal) adalah mode jaringan ini memungkinkan kita untuk membuat beberapa virtual machine/OS guest baru yang saling terhubung secara internal, dan pengertian secara internal ini maksudnya adalah sesama virtual machine yang tersambung/menggunakan suatu mode Internal Network sehingga bisa saling menghubungi satu sama lain melalu jaringan. Tapi mode jaringan ini sifatnya terisolasi dari dunia luar sehingga OS guest tidak dapat mengakses/menghubungi OS host dan demikian juga sebaliknya.

Host-Only Adapter
                Dalam mode Host-only adapter ini dapat di artikan atau dianggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan mode Internal network. Dalam mode ini OS guest dapat mengakses OS host dan sebaliknya OS host juga dapat mengakes OS guest. OS host dan guest yang menggunakan mode jaringan host-only adapter secaralangsung mereka berdua akan berada dalam satu jaringan yang sama dengan menggunakan Ethernet berbasis software.

Sudah Paham tentang Bagian Network diatas? Jangan salah mengartikan yaa, sekian, semoga bermanfaat..

Related Posts

There is no other posts in this category.

8 komentar

  1. Terimakasih, menjadi tambah tahu

    BalasHapus
  2. keren keren keren keren keren keren keren keren keren keren keren keren keren kerej keren keren keren keren keren keren keren

    BalasHapus
  3. mantap gan saya baru paham hari ini padahal saya sudah melewati istilah-istilah jaringan seperti ini sejak smk :D

    BalasHapus
  4. Mirip
    http://abangnetwork.blogspot.com/2014/10/macam-macam-mode-jaringan-di-virtualbox.html

    BalasHapus
  5. Sebagai tambahan pada artikel ini , tentang pembahasan Virtual Network Adapter pada VMware maupun VirtualBox dilengkapi gambar agar lebih mudah di pahami , silahkan baca di

    https://caragilaku.blogspot.com/2019/04/virtual-network-adapter.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter