Konfigurasi Web Server Di Ubuntu Server

4 komentar


Title
:
Konfigurasi Web Server & Wordpress Di Ubuntu Server
Issue Date
:
11-10-2016
Prepare By
:
Oktavian Ari Wijaya
Class
:
XI TKJ 4 (Axioo)
Teacher
:
Suyatno S.Kom


SMK AL-BAHRI 2 BEKASI



Pengertian Server atau Web server
Server atau Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

             Fungsi Server atau Web Server
Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. pemanfaatan web server berfungsi untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

        Salah satu contoh dari Web Server adalah Apache. Apache (Apache Web Server – The HTTP Web Server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.
Itulah Sedikit Tentang WEB SERVER, 
Dan sekarang adalah contoh bagaimana Konfigurasi WEB SERVER di UBUNTU SERVER..

Langkah Langkah Konfigurasi :

1.      Saat pertama kali memasuki Ubuntu Server, Langkah Awal Yang dilakukan adalah silahkan login dengan akun anda, lalu cek IP Address Ubuntu Server kalian dengan “ifconfig” lalu masukan script “apt-get-update” (Kurang Lebih 100x get)


2.      Setelah selesai update, ketikkan “apt-get install apache2


3.      Setelah anda install apache2, sekarang install php5 dengan “apt-get install php5


4.      Setelah Selesai Install php5, silahlan test di browser kalian dengan memasukkan ip address ubuntu server kalian di url


5.      Apakah ada tulisan It’s Work seperti diatas? Jika sudah maka Konfigurasi Web Server Berhasil. Dan Jika ingin Mengubah Kalimat “It’s Work diatas, Maka lanjutkan konfigurasi ubuntu server dengan memasukkan script “cd /var/www/”lalu ketik “nano index.html
Save dengan “CTRL+O – Enter – CTRL+X”



6.      Setelah itu RESTART SERVICE dengan menggunakan script “/etc/init.d/apache2 restart”
Buka Browser dan uji : ketik ip address di URL
Selesai ^^
Jika ingin lanjut membuat wordpress di ubuntu server, maka disini saya akan lanjut membuatnya,,

Langkah Langkah Membuat Wordpress DI UBUNTU SERVER..
1.      Pertama, Ketikkan “apt-get install apache2 php5 libapache2-mod-php5 mysql-server” lalu ketik “Y” untuk melanjutkan ke konfig berikutnya.

2.      masukkan password: 1234, atau terserah kalian.. setelah OK, konfirmasi passwordnya dan tunggu sampai selesai.


3.      Setelah itu Install “apt-get install libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql phpmyadmin” Lalu Klik “Y” lalu ceklist pada apache2 dengan menggunakan “SPACEBAR”


4.      Lalu Setelah selesai, pilih “YES” lalu masukkan password, lalu masukkan password mysql tadi, lalu konfirmasi password, lalu tunggu hingga proses selesai.

5.      Setelah masuk directory “cd /var/www”, download wordpress dengan ketik : “wget http://200.200.200.202/wordpress.tar.gz

6.      lalu extrak dengan perintah : “tar[spasi] -xzvf wordpress.tar.gz [enter]” setelah itu ketik “chmod 777 wordpress

7.      Setelah selesai, Buka browser, lalu masukkan “ip server/phpmyadmin” contoh ip saya “180.180.180.27/phpmyadmin” setelah itu masukan user “root” dan pass “1234” 


8.      Lalu pergi ke database, buat database dengan nama “wordpress” lalu “create”


9.      Setelah ada, lalu buka browser dan masukkan url “ip-server/wordpress” Contoh “180.180.180.27/wordpress” -> Let’s GO!

10.  Tampilah di wordpress installer, masukan database : “wordpress” user : “root” dan password: “1234” sedangkan yang lain di abaikan saja..


11.  Setelah selesai, nanti masukan user wordpress
user  :
pass  :
email : 
setelah itu silahkan login, selesai^^





Semoga artikel ini bermanfaat^^

Related Posts

There is no other posts in this category.

4 komentar

  1. mantab jiwa bosqu sangat membantu sekali :*

    BalasHapus
  2. Gan ko yng saya pas di buka d browser ipserver/phpmyadmin malah muncul script.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan yang saya juga begitu,gimana solusinya ya buat benerinnya?

      Hapus
  3. sama gan yang punya saya juga malah muncul script gimana ya solusinya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter